Usaha Yang Dapat Bertahan Disaat Pandemi Corona

Jun 04, 2020
Balcony Concerts. I would like through this illustration to show solidarity, generosity, creativity between people even with social distancing. We are all together and we are all support and take care of everyone !
Image created by Catherine Cordasco.
Submitted for United Nations Global Call Out To Creatives - help stop the spread of COVID-19.
Photo by United Nations COVID-19 Response / Unsplash

Pandemi corona yang disebabkan oleh virus covid 19 ini telah mewabah dihampir seluruh dunia termasuk Indonesia. Wabah ini telah membuat perekonomian semua negara mengalami kemunduran. Di Indonesia sendiri dampak dari penyakit corona sangat besar sekali, apalagi terhadap sektor perekonomian sangat terasa. Pertumbuhan ekonomi sangat lambat, PHK semakin meluas, perusahaan banyak yang gulung tikar, tingkat kemiskinan semakin naik.

Dibalik pandemi corona tidak hanya sisi negatif namun terdapat juga sisi positif. Jadi kondisi ini bagai koin yang memiliki dua sisi. Dari segi positif di bidang usaha, ada beberapa jenis usaha yang dinilai dapat tetap bertahan disaat pandemi corona ini.

Makanan online

Dalam masa ini yang paling utama bagi masyarakat adalah bagaimana mereka memenuhi kebutuhan pangan dalam hal ini makanan. Dengan adanya kebijakan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dimana warga diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah maka usaha makanan secara online dapat menjadi salah satu pilihan bisnis.

Bisnis Handsanitizer

Dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer adalah salah satu cara agar kita tidak tertular virus covid 19. Saat awal-awal pandemi corona ini masuk di Indonesia banyak kita jumpai dihampir semua apotik, pasar ataupun minimarket stok handsanitizer kosong. Ini disebabkan supply barang yang tetap namun permintaan yang sangat banyak sekali, jadi tidak seimbang antara supply dan demand. Hal ini merupakan peluang bagi pegusaha untuk menyediakan supply handsanitizer dan akan tetap bertahan selama masa pandemi ini.

Bisnis online

Bisnis menjual barang-barang secara online dipandang dapat bertahan disaat pandemi ini. Faktor yang menunjang adalah dengan keluarnya penerapan kebijakan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dimana masyarakat diminta untuk tidak keluar rumah guna mencegah penyebaran virus ini. Untuk memenuhi kebutuhan, dimana banyak toko yang tutup maka mereka melakukan pembelian barang secara online.

Bisnis pembuatan APD dan masker kain

Dari awal pandemi corona, penggunaan alat pelindung diri (APD) di semua rumah sakit dan klinik di Indonesia dan penggunaan masker kain di masyarakat diwajibkan oleh pemerintah. Pengadaan kedua bisnis ini dipandang dapat bertahan di masa sekarang dikarenakan jumlah barang-barang tersebut sangat terbatas dipasaran.

Jasa pengiriman barang

Dengan adanya kebijakan pembatasan kegiatan sosial di masyarakat membuat perubahan pola dimana transaksi dari offline menjadi online. Jasa pengiriman barang dan jasa pengantaran barang sameday/ diterima dihari yang sama, akan menjadi primadona bidang usaha yang bertahan di masa pandemi ini, hal ini dikarenakan akibat dari perubahan pola transaksi yang terjadi.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.