Tips Menghadapi Depresi Karena Terhimpit Hutang

Jun 23, 2020
Photo by Daniel Mingook Kim / Unsplash

Tidak dapat dipungkiri kebanyakan masyarakat Indonesia bersifat konsumtif. Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor yang membuat mereka menjadi konsumtif salah satunya adalah gaya hidup. Namun jika sifat konsumtif ini melebihi dari kemampuan ekonomi anda dan dilakukan terus menerus maka anda dapat mengalami kondisi stres karena semakin menumpuknya hutang dan anda bingung cara membayarnya. Jika dibiarkan terus maka stres yang anda alami akan mengganggu kesehatan anda. Maka ada beberapa tips yang dapat membantu anda dalam menghadapi depresi ini

Lakukan kontrol diri anda

Mengontrol diri saat berbelanja sangatlah penting. Sebelum anda memasuki tempat perbelanjaan ada baiknya anda membuat list barang-barang yang anda butuhkan saja untuk dibeli. Jangan membeli barang karena keinginan tapi belilah barang karena kebutuhan anda.

Menghindari cara-cara negatif yang biasa anda lakukan jika mengalami stres

Setiap orang melakukan hal yang berbeda-beda saat mengalami stres. Ada yang berdiam diri, ada yang terlalu sensitif, ada yang mudah marah, dan lain-lain. Adapula beberapa kegiatan negatif yang dilakukan oleh beberapa orang saat mengalami stres seperti minum-minuman beralkohol, berjudi, merokok, menghindar dari lingkungan sekitar, merasa frustasi dan lain-lain. Hal-hal negatif tersebut jangan pernah anda lakukan karena selain tidak dapat memecahkan permasalahan hutang tapi dapat membahayakan kesehatan anda.

Kenali akan kemampuan kondisi ekonomi anda

Hal ini penting untuk anda lakukan. Dengan mengenali kemampuan kondisi ekonomi ini, maka anda akan dapat mengukur dan memahami seberapa besar kemampuan anda sehingga anda tidak perlu melakukan hutang. Namun hal ini banyak tidak dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang lebih cenderung konsumtif, mereka menganggap hal ini merupakan hal sepele yang dianggap sebelah mata. Mereka selalu berfikir jika mereka tidak mampu maka hutang adalah solusi bagi mereka dan pastinya pemikiran seperti ini salah besar.

Dahulukan membayar hutang dengan bunga tinggi

Buatlah list daftar hutang-hutang anda kemudian urutkan hutang anda sesuai bunga nya dari yang tertinggi hingga tanpa bunga. Kemudian lunasilah hutang anda dimulai dari hutang dengan bunga tertinggi, mengapa demikian? Karena jika tidak melakukan hal tersebut maka total bunga dari hutang tertinggi tersebut maka nominal nya akan dapat maupun melebihi dari nominal pokoknya dan hal ini bisa menambah stres anda. Dengan melakukan hal tersebut maka akan lebih mudah bagi anda untuk menyelesaikan hutang-hutang yang anda miliki.

Carilah peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Jika dirasa penghasilan anda tidak dapat mencukupi pembayaran cicilan ataupun tagihan hutang anda maka ada baiknya anda mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti menjadi driver taxi online, ojek online, menjual barang-barang bekas yang masih layak digunakan, menyewakan beberapa ruangan kamar anda ke situs online jika anda memiliki banyak ruangan kamar di rumah anda, bisa juga menjadi penjual online, atau menjadi reseller akan suatu produk yang lagi trend saat ini.

Tentukan tujuan keuangan anda dimasa depan dengan realistis

Setiap orang pasti memiliki cita-cita dan tujuan keuangan di masa depannya. Sebenarnya hal ini dapat menimbulkan stres jika anda membuat cita-cita keuangan tersebut tidak sesuai dengan realita kondisi ekonomi dan kemampuan ekonomi anda saat ini. Karena itu buatlah tujuan ekonomi secara realistis.

Memperluas jaringan

Saat anda mengalami depresi karena terlilit hutang yang menumpuk, sebaiknya anda lakukan memperluas jaringan jangan menutup diri dengan menyalahkan diri sendiri yang akan membuat anda tambah frustasi. Dengan Memperluas jaringan anda akan bertemu dengan banyak orang baru terlebih orang baru yang dapat mendukung anda dan bisa memberikan solusi mengenai masalah hutang anda .

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.