Tips Menghadapi Banyaknya Gangguan Saat WFH
Pandemi corona terjadi di seluruh dunia pada umumnya dan di Indonesia khususnya. Hal ini membuat pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan ini di keluarkan oleh pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus covid 19 yang sudah menjadi pandemi di Indonesia.
Dengan dikeluarkan kebijakan ini membuat beberapa perusahaan memberhentikan karyawan-karyawannya karena tidak mampunya perusahaan membayar semua biaya2, sedangkan pendapatan akan produksi tidak ada atau sangat kecil dikarenakan permintaan akan barang hasil produksi menurun tajam. Adapula perusahaan yang masih bertahan dengan merumahkan beberapa karyawannya, adapula perusahaan yang mengeluarkan kebijakan bagi karyawannya untuk bekerja dari rumah/ work from home. Memang sekilas tampak mudah dan enak jika kita bekerja dari rumah, namun sesungguhnya untuk work from home terdapat beberapa hambatan yang timbul. Berikut tips menghadapi gangguan yang timbul saat WFH.
Tidur yang cukup dan mandi
Lakukanlah rutinitas tidur yang cukup dan mandi sebelum ke kantor seperti biasa agar anda fresh, layaknya anda melakukan hal tersebut saat sebelum terjadi pandemi corona yang mengakibatkan perusahaan mengeluarkan kebijakan work from home. Agar anda tidak terjebak dalam kebosanan saat melakukan aktivitas, gunakanlah baju rapi seperti anda berada dikantor. Biasanya kebanyakan orang beranggapan dengan work from home mereka dapat bangun lebih siang dan santai di rumah, namun anggapan tersebut salah.
Berolahraga
Olahraga di saat work from home itu sangat penting, Orang-orang saat bekerja dirumah membuat mereka sedikit melakukan gerak, sehingga otot mereka kaku dan tegang, ini disebabkan mereka hanya duduk dan mengerjakan kerjaan di depan komputer. Dengan melakukan olahraga selama 20 - 30 menit dapat membuat rileks otot sehingga nantinya tidak akan tegang/ kaku.
Memberi waktu pada diri sendiri untuk lakukan persiapan
Persiapkan ruangan yang akan anda gunakan saat melakukan work from home, kemudian persiapkan latar belakang dari ruangan tersebut agar tidak dilalui oleh orang-orang disekitar anda yang mengganggu konsentrasi anda dan team anda saat bekerja. Komunikasikan dengan keluarga dirumah agar tidak mengganggu saat anda melakukan aktivitas. Aturlah waktu meeting minimal satu hari sebelumnya agar tidak terjadi kesalahan teknis.
Lakukan daily check in dan daily check out
Anda dan team anda pening untuk membuat daily checkin dan daily check out. Daily checkin adalah hal-hal apa saja yang akan anda dan team anda kerjakan di hari itu. sedangkan daily checkout adalah hal-hal apa saja yang sudah dikerjakan di hari itu, sehingga dapat terlihat seberapa banyak pekerjaan yang telah diselesaikan.
Pentingnya terdapat kode etik
Saat melakukan meeting pada work from home tetap diberlakukan kode etik sama halnya saat anda dan team anda melakukan meeting di kantor. Dengarkan dengan seksama saat orang berbicara/ presentasi di meeting tersebut. Usahakan membuat suasana tenang ditiap-tiap ruangan peserta meeting agar tidak terjadi kebisingan yang akan mengganggu anda dan team anda.
Gunakan waktu istirahat
Dalam satu hari badan dan otak anda perlu istirahat, jangan selalu bekerja terus. Pada saat waktu istirahat gunakanlah waktu tersebut semaksimal mungkin. Lakukanlah hoby anda seperti mendengarkan musik atau bermain games guna membuat otak dan badan anda rileks sehingga anda bugar kembali.
Persiapkan daftar yang akan dikerjakan esok
Jadwalkan dan persiapkan yang akan dikerjakan esok hari, anda dapat menggunakan online calendar pada aplikasi. Hal ini penting dilakukan supaya memudahkan anda untuk melakukan apa-apa saja di esok hari. Jadi saat keesokan pagi anda tidak merasa bingung, karena anda sudah memiliki panduan yang dapat dilihat di online calendar yang telah dibuat pada malam sebelumnya.