Tips Bagi UMKM Dalam Menghadapi Era New Normal

Jun 30, 2020
2018 he we come!
Photo by Miguel Bruna / Unsplash

Indonesia dan sebagian negara tengah menghadapi wabah penyakit corona yang disebabkan oleh virus covid 19. Efek yang muncul bagi pemerintahan Indonesia dari wabah penyakit ini sangat banyak sekali, seperti pertumbuhan ekonomi sangat melambat, banyak nya terjadi pemutusan hubungan kerja (phk) di perusahaan-perusahaan, tingkat kemiskinan meningkat dan lain-lain. Sektor umkm juga terkena dampak dari wabah virus covid 19. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM per Juni 2020 terdapat 163.713 umkm yang terkena dampak dari wabah penyakit ini.

Oleh sebab itu pemerintah telah mengambil langkah dan menerapkan dengan ketat kebijakan pembatasan sosial berskala besar (psbb) yang berfungsi untuk memutus rantai penyebaran virus covid 19. Penerapan psbb ini telah membuahkan hasil yaitu dengan menurunnya tingkat penyebaran virus covid 19. Sehingga pemerintah mengambil langkah untuk mengendurkan penerapan psbb dengan menetapkan kebijakan baru yaitu kebijakan pelaksanaan new normal untuk menggerakan kembali roda perekonomian yang lambat. Para pelaku umkm harus dapat beradaptasi dengan kondisi new normal ini. Dimana banyak masyarakat yang mengalihkan dari offline ke online untuk transaksi-transaksi nya. Adapun beberapa tips bagi umkm dalam menghadapi di masa new normal ini sebagai berikut:

Mengenal perubahan perilaku konsumen secara cermat

Dengan mewabahnya penyakit ini telah merubah perilaku masyarakat dalam proses berbelanja. Masyarakat menghindari berbelanja secara langsung dengan mendatangi toko/ swalayan langsung. Sesuai anjuran pemerintah, masyarakat diminta untuk tidak banyak melakukan kegiatan diluar rumah. Maka masyarakat merubah perilaku berbelanjanya dari offline menjadi berbelanja secara online.

Mengintegrasikan pengiriman barang

Umkm perlu mengintegrasikan pengiriman barang dagangannya dengan baik dan cepat baik pengiriman barang dagangannya di dalam kota, luar kota maupun antar negara. Hal ini sangat diperlukan karena umkm-umkm sangat membutuhkan kepercayaan dari masyarakat akan pelayanan yang diberikan dan salah satu pelayanannya yaitu pelayanan pengiriman barang yang cepat dan baik.

Lakukan riset pemasaran

Riset terhadap konsumen sangat perlu untuk dilakukan agar anda dapat memenuhi akan kebutuhan-kebutuhan para konsumen. Dengan melakukan riset maka anda dapat menentukan strategi apa yang cocok untuk anda lakukan agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen-konsumen anda dengan memahami kebiasaan konsumen, perilaku konsumen dan harapan konsumen terlebih dahulu. Dengan riset pemasaran umkm dapat mengukur kekuatan dari nama produk yang dimilliki dibandingkan dengan produk sejenis. Dan dengan riset pemasaran umkm dapat memperkirakan kondisi pasar kedepannya setelah melewati masa new normal ini, sehingga dapat mempersiapkan langkah-langkah yang akan diambil dalam menghadapi kondisi kedepannya tersebut.

Mengintegrasi layanan komunikasi

Melakukan pengintegrasian layanan komunikasi dengan baik kepada konsumen juga sangat diperlukan, untuk menunjang kepercayaan konsumen terhadap umkm tersebut. Dengan semakin bertambah kepercayaan masyarakat akan produk umkm anda maka akan berdampak semakin bertambahnya jumlah konsumen.  Pengintegrasian layanan komunikasi saat ini bisa dilakukan melalui what's app, line, instagram , facebook dan lain-lain.

Fokus pada penjualan online

Tak dapat dipungkiri, disaat masa new normal ini umkm-umkm sebaiknya melakukan fokus kepada penjualan online. Hal ini sejalan dengan adanya anjuran dari pemerintah untuk tidak sering melakukan kegiatan di luar rumah, yang mengakibatkan perubahan kebiasaan masyarakat dalam proses berbelanja. Umkm-umkm harus dapat membaca dengan cermat dan mengambil peluang yang ada pada perubahan kebiasaan masyarakat yang baru ini. Dengan melakukan hal tersebut maka keuntungan yang anda harapkan akan datang.

Tetap optimis

Kesiapan psikis para pelaku umkm juga sangat diperlukan selain kesiapan strategi bisnis yang baik. Keduanya harus berjalan beriringan guna menghadapi tantangan yang banyak dihadapi oleh para pelaku umkm. Jika pelaku umkm memiliki strategi bisnis yang baik tapi psikisnya tidak di persiapkan maka biasanya akan menyebabkan pelaku umkm tersebut akan menutup usahanya. Maka itu tanamkan ke diri anda akan rasa optimis dalam menjalani umkm yang anda miliki.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.