Selain Bank, Dimanakah Tempat Terbaik Meminjam Uang?

Jul 02, 2020
Whatsapp Messenger in Lagos, Nigeria, Africa
Photo by Benjamin Dada / Unsplash

Kehidupan seseoang tidak dapat di prediksi, ada kalanya dia dalam posisi yang baik ada juga kalanya dia mengalami posisi yang kurang baik. Begitu pula kondisi keuangan seseorang, walau sudah direncanakan dengan baik namun jika terjadi sesuatu hal mendadak yang membuat orang tersebut membutuhkan dana besar dan segera dapat dipastikan betapa paniknya orang tersebut disaat itu. Jika terjadi hal demikian maka bank adalah solusi yang paling banyak dilakukan oleh mereka. Namun selain bank apakah ada tempat terbaik untuk meminjam uang? Berikut kami coba berikan pilihan tempat yang baik untuk meminjam uang.

Saudara atau teman dekat

Dengan meminjam ke saudara atau teman dekat kebanyakan mereka tidak perlu terlalu memikirkan akan bunga, namun yang harus diperhatikan sekali adalah bagaimana menjaga kepercayaan saudara atau teman dekat kepada anda. Dengan memberikan pinjaman kepada anda yang biasanya tanpa mengenakan bunga itu menandakan bahwa saudara ataupun teman dekat anda telah mempercayai anda untuk diberi pinjaman dan mereka juga percaya akan hal pengembalian uang mereka.

Institusi keuangan non bank atau fintech

Jika anda mengalami kondisi membutuhkan dana segera, misalkan untuk membayar ugd rumah sakit, maka fintech dapat menjadi solusinya. Dengan kemajuan teknologi yang pesat saat ini memudahkan anda untuk meminjam uang di saat darurat dengan cepat secara online tanpa harus mendatangi bank ataupun institusi keuangan lainnya yang banyak memakan waktu. Cukup melakukan download aplikasi fintech pada smartphone kemudian menyiapkan dan mengisi data-data yang diminta, anda dapat melakukan pinjaman. Namun perlu diperhatikan bagi anda untuk memilih fintech yang legal dimana fintech tersebut telah terdaftar maupun berizin di OJK. Untuk perihal suku bunga, OJK telah menetapkan suku bunga paling tinggi untuk fintech adalah 0,8% perhari.

Kantor tempat anda bekerja

Meminjam dana pada kantor tempat anda bekerja merupakan alternatif yang baik sebagai tempat anda meminjam. Kantor biasanya mengenakan suku bunga yang rendah karena akan memotong gaji anda secara berkala untuk membayar hutang hingga lunas. Biasanya beberapa perusahaan memberikan kredit untuk kepemilikan rumah, renovasi rumah, mobil dan motor. Namun untuk menggunakan fasilitas ini tentu memiliki syarat-syarat yang harus terpenuhi oleh karyawannya.

Pegadaian

Adakah tempat lain selain tempat-tempat diatas untuk meminjam uang ? Ada yaitu pegadaian. Tentu kata pegadaian sudah tidak asing lagi di telinga anda. Tempat ini merupakan salah satu BUMN di Indonesia. Peminjaman di pegadaian relatif ringan dan prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda cukup mempersiapkan barang berharga sebagai agunan. Jangka waktu pinjamannya relatif pendek. Anda cukup datang ke pegadaian dan tidak harus memiliki rekening bank, umtuk besar cicilannya dapat disesuaikan dengan kemampuan bayar anda.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.