Pengaruh positif teknologi dalam pengelolaan uang

Oct 12, 2021

Perkembangan teknologi sangat berkembang pesat, bisa diperhatikan orang-oran jaman sekarang banyak menggunakan laptop dan smartphone untuk melakukan kegiatan bekerja atau apapun, perkembangan teknologi yang semakin canggih juga berdampak positif pada pengelolaan uang,. Lalu apa saja sih dampak positif itu?

1. Fasilitas eMoney

freepik.com

eMoney atau uang elektronik adalah alat pembayaran yang berbentuk elektronik di mana nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu, biasanya transaksinya membutuhkan jaringan internet karena pemakaiannya menggunakan perangkat seperti telepon pintar atau komputer. Dengan teknoligi ini setiap orang yang memakainya akan lebih praktis dan mudah dalam melakukan transaksi apapun.

2. Aplikasi smartphone untuk mengelola budget

Pexels.com

Budgeting adalah cara atau yteknik paling umum yang digunakan banyak orang untuk mengatur keuangan, dengan cara tersebut seseorang bisa memperkirakan berapa banyak uang yang harus ditabung hal ini juga bertujuan mencegah pengeluaran yang tak terduga dan mencari celah penghematan. Denga nada nya Kehadiran aplikasi di smartphone, memungkinkan kamu membuat budget tanpa perlu memiliki keahlian manajemen keuangan atau rumus-rumus di Microsoft Excel.

3. Internet Banking

Pexels.com

Jika dulu kita harus ke ATM untuk mentransfer uang, sekarang dengan Kehadiran Internet Banking sangat memudahkan kita untuk mengirim atau mentransfer uang ke rekening lain tanpa perlu repot-repot keluar rumah untuk mencari ATM, Tak hanya itu, fasilitas ini dapat digunakan untuk melakukan beragam transaksi lebih cepat.
Cek saldo tabungan, mutasi rekening, saldo cicilan kredit, atau pembayaran transaksi rutin, merupakan beberapa transaksi yang dapat dilakukan lewat internet banking.

4. Tambah penghasilan sampingan dengan modal smartphone

Pexels.com

Dulu mungkin jika kita ingin berpenghasilan maka hanya ada 2 pilihan saja bekerja dengan orang lain atau membuka usaha sendiri. Namun sekrang jauh berbeda. Sekarang dengan kemajuan teknologi ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang seperti menjadi youtube atau seorang influencer dengan bermodalkan internet. Bahkan Mark Zuckerberg yang berhasil menjadi miliarder dengan memanfaatkan internet.

referensi: liputan6.com

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.