Partnership

Jul 23, 2020
Instagram - @PerryGrone
Photo by Perry Grone / Unsplash

Saat ini terdapat banyak perusahaan yang melakukan partnership, dimana tujuan mereka adalah untuk saling melengkapi guna mencapai tujuan yang telah mereka tentukan sebelumnya. Bisa karena suatu perusahaan mengalami kekurangan modal dan ada perusahaan lain yang berlebih dananya sedang mencari tempat yang baik untuk berinvestasi, adapula perusahaan yang memiliki sistem teknologi yang sangat maju maka ketiga perusahaan tersebut dapat melakukan partnership.

Definisi partnership

Partnership adalah sebuah bentuk strategi bisnis dalam pembuatan sebuah entitas baru yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih untuk mencapai keuntungan bersama dan menentukan tujuan bersama dalam jangka waktu tertentu, dimana pembagian saham antara pihak yang bergabung tidak sama besar. Besar kecilnya saham tergantung seberapa besar peran masing-masing pihak di dalam pelaksanaan partnership tersebut. Jadi dapat dikatakan partnership adalah bentuk kerjsama antara dua pihak atau lebih untuk membentuk entitas baru atas dasar kesepakatan dalam rangka meningkatkan kemampuan guna mencapai suatu tujuan tertentu sehingga akan mendapatkan hasil yang baik.

Kelebihan partnership

  1. Pendirian partnership dapat dilakukan oleh perusahan-perusahaan dengan mudah, bisa dilakukan dengan tanpa formalitas jika dianggap belum perlu oleh masing-masing pihak yang melakukan partnership.
  2. Pembagian keuntungan atau laba dapat dilakukan dengan mudah, karena dapat dilakukan berdasarkan kesepakatan di awal.
  3. Keterampilan masing-masing perusahaan dapat saling melengkapi atas keterbatasan yang dimiliki oleh setiap pihak pada saat menjalani proses dalam mencapai tujuan bersama.
  4. Tersedianya modal yang lebih besar hasil dari modal yang diberikan dari tiap-tiap perusahaan yang melakukan partnership
  5. Lebihi mudah mendapatkan mitra komanditer dimana sebagai suatu bentuk kelebihan bentuk usaha kemitraan karena dapat mengakomodasi orang-orang yang bersedia melakukan investasi dan mengetahui tingkat resikonya tanpa mau terlibat secara langsung dalam pelaksanaan partnership.
  6. Mudah melakukan keluwesan dalam beradaptasi dengan dunia bisnis

Kekurangan dari partnership

  1. Partnership kurang efektif dalam hal akumulasi modal dibandingkan dengan perusahaan perseorangan
  2. Terdapat kesulitan untuk keluar dari kemitraan
  3. Kewajiban tidak terbatas
  4. Kurang berkesinambungan, dapat terjadi apabila ahli waris dari pihak yang meninggal tidak mau melakukan partner dengan mitra sang pewaris.
  5. Sering berpotensi terjadi nya konflik antar perusahaan yang melakukan partnership

Jenis Kemitraan atau Partnership

Sebelum memulai kemitraan, Anda perlu menentukan jenis kemitraan yang Anda inginkan. Anda mungkin pernah mendengar persyaratannya:

  • Kemitraan terbatas memiliki satu mitra umum yang mengelola bisnis dan mitra yang lainnya tidak ikut serta dalam operasional kemitraan dan tidak memiliki tanggung jawab
  • Kemitraan umum terdiri dari mitra yang berpartisipasi dalam operasi sehari-hari dari kemitraan
  • Kemitraan pertanggungan terbatas hampir sama dengan kemitraan terbatas, jadi yang mengelola bisnis terdapat lebih dari satu mitra umum tidak hanya satu mitra

Pemilihan business partner

Sebaiknya dalam memilih partner kita harus memiliki suatu pegangan, jadi jangan asal memilih karena hal tersebut akan membuat proses partnership tidak dapat berjalan lama. Berikut kriteria-kriteria yang sebaiknya yang menjadi pegangan kita dalam mencari partner :

  1. Harus memiliki visi dan misi yang sama agar tidak terjadi konlik di kemudian hari
  2. Memiliki nilai yang sama sehingga dapat saling membantu satu sama lainnya
  3. Memilih orang yang berkompeten di bidangnya
  4. Dapat saling melengkapi dalam segala bidang
  5. Mempunyai tujuan yang sama sehingga lebih mudah untuk mencapai tujuan tersebut
  6. Memiliki standar moral yang tinggi agar dapat menjadi pengusaha yang beretika
  7. Memilih orang yang serius dengan tujuan mereka dan fokus dalam melaksanakan pengoperasiannya
  8. Mempunyai hasrat untuk terus tetap belajar yang sangat kuat
  9. Memiliki sifat jujur dan dapat dipercaya jika diberikan kepercayaan oleh orang lain.
  10. Mampu memotivasi diri sendiri dan sekitarnya.
  11. Memiliki sikap yang tenang dalam menghadapi masalah

Perbedaan partnership dan joint venture

Partnership adalah bentuk kerjsama antara dua pihak atau lebih untuk membentuk entitas baru atas dasar kesepakatan dalam rangka meningkatkan kemampuan guna mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan joint venture adalah bentuk kerjasama bisnis untuk membentuk entitas baru dari pengabungan dari dua entitas atau lebih yang telah ada.


Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.