Manfaat sosial media untuk perkembangan usaha

Jan 25, 2022

Di era digital, kehadiran media sosial tidak lagi hanya berperan sebagai alat komunikasi. Lebih dari itu, media sosial telah menjelma menjadi salah satu strategi media promosi online untuk mengembangkan usaha Anda. Kegiatan memasarkan bisnis melalui media sosial yang dikenal juga dengan istilah online marketing ini nyatanya sangat baik untuk Anda para pengusaha IKM. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Media sosial mampu menjangkau lebih banyak konsumen

Dibandingkan dengan televisi, mayoritas masyarakat saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain media sosial. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan situasi tersebut dengan memasarkan bisnis melalui metode endorsement, pay ads, atau meningkatkan keyword untuk memaksimalkan visibilitas SEO di aplikasi mesin pencarian. Jangan lupa manfaatkan fitur like dan share untuk membuat bisnis Anda lebih banyak dilihat masyarakat.

2. Membangun networking dengan media sosial

Selain menjangkau lebih banyak konsumen, melalui media sosial, Anda juga dapat membangun networking untuk membuat bisnis semakin berkembang. Melansir Business (2018), media sosial dapat membuka kesempatan bagi Anda untuk berkenalan dengan investor yang mungkin saja dapat membantu mengembangkan usaha Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk saling bertukar pikiran.

3. Media sosial membantu membangun reputasi bisnis

Reputasi bagi sebuah bisnis adalah hal yang penting untuk bisa mendapatkan kepercayaan konsumen. Melalui media sosial, Anda dapat membangun reputasi bisnis dengan cara membuat konten yang baik serta menyiapkan tim media sosial yang cekatan untuk menjawab berbagai pertanyaan serta komentar dari masyarakat serta tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk pengembangan pelatihan sales karyawan. Sikap cepat tanggap serta informatif, akan membuat bisnis Anda memiliki citra yang baik di mata konsumen.

4. Dapat digunakan sebagai media untuk riset

Dalam menjalankan suatu bisnis, Anda tentu ingin produk/jasa yang diproduksi menjadi unggulan dan mengalahkan kompetitor. Untuk dapat mencapai semua itu, dibutuhkan riset guna mengetahui keinginan konsumen dan mencari tahu kelemahan kompetitor. Jika dulu Anda membutuhkan banyak biaya untuk melakukan riset pasar, kini semua itu dapat dilakukan dengan media sosial. Beberapa fitur di media sosial seperti Instagram secara otomatis akan memberikan laporan mengenai presentasi followers serta waktu terbaik untuk mem-posting konten di akun Anda.

5. Media sosial sebagai sarana rekrutmen

Tidak hanya mampu meningkatkan pendapatan usaha Anda, media sosial juga dapat membantu fungsi HRD untuk melakukan rekrutmen. Dengan media sosial, Anda dapat mengunggah informasi lowongan pekerjaan sekreatif mungkin sehingga menarik calon karyawan potensial. Nah, Rekan Kerja, itu tadi manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan pemasaran melalui media sosial. Bagi bisnis IKM, media sosial akan menjadi media yang tepat untuk mengembangkan usaha karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk beriklan.

sumber artikel :https://www.ruangkerja.id/blog/5-manfaat-media-sosial-untuk-mengembangkan-bisnis-ikm
Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.