Pasar Modal : Definisi dan manfaatnya

Jul 16, 2020
Meet me on Wall St
Photo by Patrick Weissenberger / Unsplash

Pasar adalah tempat berkumpulnya sejumlah orang yang melakukan transaksi jual-beli, dan syarat suatu tempat untuk dapat dikatakan pasar adalah terdapatnya penjual dan pembeli yang melakukan interaksi. Saat ini pasar ada bermacam-macam. Dari segi waktu ada pasar harian yaitu pasar yang melakukan kegiatannya setiap hari, ada pasar mingguan yaitu pasar yang melakukan kegiatan hanya satu minggu sekali, ada pasar tahunan yaitu pasar yang melakukan kegiatan hanya sekali dalam satu tahun contohnya pekan raya jakarta. Dan adapula pasar temporer yaitu pasar yang melakukan kegiatan pada waktu tertentu saja misalnya pasar bazar. Adapula pasar tradisional maupun supermarket yang menjual kebutuhan sandang dan pangan, dan kini terdapat pasar modal.

Definisi pasar modal

Sebenarnya apa arti dari pasar modal? Pasar modal ialah suatu pasar yang melakukan kegiatan instrumen keuangan dengan memperjual belikan surat-surat berharga seperti obligasi, equitas, surat pengakuan hutang, saham dan surat lainnya. Pasar modal memberikan berbagai alternatif bagi para investor untuk memperjual belikan instrumen keuangan untuk jangka panjang.

Apakah manfaat pasar modal?

Manfaat pasar modal bagi negara. Apa saja manfaat pasar modal bagi negara? Pasar modal sebagai salah satu sumber pendapatan negara yang penting yaitu pendapatan akan pajak karena setiap transaksi di pasar modal akan dikenakan pajak, dapat membantu menggerakan perekonomian, memantau perusahaan sebagai emiten, dapat menarik investor asing untuk menanam modal di Indonesia, memantau kegiatan dan kinerja pihak asing yang berkontribusi di dalam pasar modal.

Manfaat dari pasar modal bagi perusahaan ialah sebagai salah satu alternatif bagi perusahaan untuk mendapatkan dana segar sehingga dapat meningkatkan produktivitas emiten. Bagi perusahaan juga dapat untuk membuka jaringan bisnis baru, dan pasar modal dapat menjadi sebagai suatu pembiayaan alternatif selain bank. Dapat bebas mengelola dana. Perkembangan nilai investasi mengikuti pertumbuhan ekonomi yang dapat dilihat dari naik-turunnya harga saham.

Manfaat pasar modal bagi investor ialah mendapatkan keuntungan melalui capital gain. Memberika akses untuk menilai kinerja suatu emiten karena di pasar modal terdaftar perusahaan terbuka maka emiten tersebut harus transaparan dalam pengelolaan bisnisnya. Investro dapat berinvestasi kebeberapa perusahaan sekaligus, hal ini beguna untuk mengurangi faktor resiko. Dan para investor dapat mengganti alat investasi dengan lebih mudah.

Manfaat pasar modal bagi masyarakat ialah membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk berinvestasi dan dapat meningkatkan pendapatan. Dapat menambah lapangan pekerjaan. Dapat mempengaruhi harga jual akan barang konsumsi masyarakat. Memudahkan masyarakat untuk mendapatkan barang konsumsi dengan harga murah.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.