Hindari Melakukan Beberapa Hal Ini Jika Kesulitan Bayar Tagihan Bulanan

Jun 08, 2020
Sunset over Posnania
Photo by Marcin Kempa / Unsplash

Di jaman sekarang ini ada baiknya kita benar-benar memperhitungkan apakah pendapatan kita sudah melebihi dari pengeluaran rutin setiap bulan dan pengeluaran lainnya, apakah hanya seimbang atau kurang? Alangkah baiknya jika kita dapat berhemat dimana sisa kelebihan dana yang kita miliki kita tabungkan untuk dana darurat atau untuk keperluan dimasa datang? Bukankah kita hidup tidak hanya untuk hari atau bulan ini saja? Dalam hidup kita selalu membayar tagihan rutin yang harus dibayarkan seperti bayar tagihan telepon, mengisi token listrik, membayar BPJS kesehatan dan tenaga kerja, membayar asuransi, membayar tagihan pam dan lain-lain. Jika kita sudah merasakan kesulitan dalam membayar tagihan-tagihan rutin tersebut, sebaiknya kita kurangi pengeluaran jajan yang tidak begitu penting bagi kita. Ada beberapa hal kecil yang sering kita lakukan tanpa kita sadari dapat menambah beban keuangan kita.

Hindari nongkrong setiap akhir pekan

Tanpa disadari hal ini banyak dilakukan oleh semua tingkatan ekonomi. Hal ini sering dilakukan demi gaya hidup semata-mata agar dianggap eksistensinya dalam pergaulan oleh lingkungannya. Jadi mereka merasa di dalam dirinya jika mereka tidak rutin melakukan hal itu maka lingkungannya tidak akan menganggap keberadaaan mereka, padahal pandangan tersebut salah, dengan tidak melakukan hal tersebut orang tetap memandang mereka dalam lingkungannya. Bisa dibayangkan berapa banyak rupiah yang di keluarkan untuk melakukan kegiatan rutin ini. Jika kita masih susah untuk membayar tagihan-tagihan rutin, maka dengan tidak nongkrong setiap minggu akan dapat mengurangi beban kita.

Sulit menolak

Kebiasaan ini adalah kebiasaan keuangan yang cenderung hadir pada diri seseorang atas dasar sikap irasional untuk membantu orang lain secara finansial baik dia mampu melakukannya ataupun tidak mampu melakukannya dan bahkan meskipun bantuannya itu tidak berdampak positif terhadap diri orang yang ia bantu. Biasanya kebiasaan ini muncul akibat mengaitkan uang dengan kasih sayang, membuat orang yang dibantu tetap berada dekat di sekitar mereka bahkan mungkin hingga bisa dikendalikan meskipun biasanya akhirnya orang yang dibantu menjadi tergantung secara finansial kepada mereka. Sering kali tujuan mereka baik, tetapi hasilnya tidak. Sebut saja misalnya adalah bantuan orangtua yang diberikan kepada anak mereka ketika mereka sudah dewasa, akhirnya semakin sulit bagi anak itu untuk mengembangkan kemampuan finansialnya. Ia akan menjadi kerdil baik secara finansial maupun emosional

Sering jajan makanan atau minuman kekinian

Gaya hidup ini biasanya dilakukan oleh masyarakat minimal 3x dalam satu minggu. Jika memang kondisi ekonomi anda tidak memungkinkan maka sebaiknya jangan anda lakukan atau paling tidak kurangi hal ini hanya untuk mempertahankan sebuah gengsi semata. Prioritaskan hal yang lebih utama dalam pengeluaran. Pandai-pandailah anda mengatur keuangan agar anda tidak terbebani akan permasalahan ekonomi yang sebenarnya dapat anda hindari.

Belanja barang-barang yang tidak terlalu butuh

Banyak kita menjumpai orang-orang yang membelanjakan uangnya untuk sesuatu yang tidak mereka butuhkan. Kadang hanya karena model yang lagi trend atau karena ikutan teman. Jika kondisi ekonomi anda tidak mencukupi sebaiknya hal ini jangan dilakukan, tidak terlalu besar manfaat dari barang yang anda beli kalau bukan karena kebutuhan. Belilah barang yang sesuai dengan kebutuhan anda, karena hal itu jauh lebih bermanfaat bagi anda.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.