Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Siswa dan Sekolah di Era New Normal

Jun 09, 2020
Designer sketching Wireframes
Photo by Green Chameleon / Unsplash

Tahun ajaran baru untuk siswa sekolah tidak lama lagi, hanya hitungan bulan. Pemerintah berencana akan membuka kembali program belajar mengajar di sekolah namun hanya untuk sekolah-sekolah di daerah berzona hijau dan jam belajarnya pun dikurangi, namun tetap harus memperhatikan faktor keamanan para siswa dan guru-guru. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi siswa dan pihak sekolah di dalam masa pandemi ini.

Penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak

Kewajiban menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak tidak hanya untuk para siswa dan guru-guru di sekolah tapi kewajiban ini berlaku bagi seluruh masyarakat selama masa pendemi. Sebagaimana kita ketahui, melakukan beberapa hal ini sangat efektir untuk mencegah penyebaran virus covid 19 dan memang dianjurkan oleh pemerintah.

Pembagian shift jam belajar

Hal ini merupakan pelaksanaan dari social distancing yang disarankan oleh pemerintah. Nantinya dalam satu kelas akan terbagi menjadi 2 kelompok waktu belajarnya, ada yang shift pagi dan shift siang. Setiap murid akan menempati satu meja dan satu kursi, kondisi ini sangat berbeda dengan saat sebelum pandemi corona, dimana satu meja digunakan untuk 2 murid.

Penyediaan handsanitizer dan disinfektan oleh sekolah

Disinfektan dilakukan pagi hari sebelum proses belajar mengajar dimulai dan juga setelah kegiatan sekolah selesai. Selain itu sebaiknya disediakan tempat mencuci tangan di muka kelas agar murid dapat dengan sering mencuci tangannya. Dan juga sebelum masuk kelas sebaiknya para guru melakukan screening kepada murid-muridnya, semua hal baik ini sangat perlu dilakukan.

Makanan

Pihak sekolah wajib memastikan makanan yang disediakan sekolah merupakan makanan yang dimasak benar-benar matang dan juga merupakan makanan yang sehat. Selama disekolah para siswa diminta untuk tidak bersalaman, cium tangan, berpelukan, berbagi peralatan makan, minum dan juga tidak berbagi makanan dan minuman.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.