Hal Yang Perlu Kita Perhatikan Sebelum Memulai Investasi

Jun 05, 2020
Investment
Photo by Precondo CA / Unsplash

Sering kita mendengar kata investasi. Investasi yang menghasilkan banyak keuntungan adalah investasi yang banyak dicari oleh masyarakat. Namun sayangnya tidak semua investasi menghasilkan keuntungan yang sangat besar bahkan ada yang tidak memberikan keuntungan sama sekali. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda berinvestasi.

Niat sebelum berinvestasi

Niat yang kuat harus anda miliki dalam menjalankan investasi yang sangat panjang, karena dengan berinvestasi dalam jangka waktu yang lama akan menghasilkan keuntungan yang besar. Selain itu dibutuhkan pula komitmen dalam diri untuk menjalaninya. Dengan hal tersebut akan membuat anda berusaha dengan segala upaya untuk menjalankan investasi tersebut dengan benar dan terarah.

Cari tahu apa itu investasi, jenis dan resikonya

Sebelum berinvestasi cari tahu dulu apa itu investasi, jenis-jenis investasi yang ada, tingkat keuntungan dan tingkat resikonya. Pelajari kesemuanya secara detail melalui buku, atau mmelalui internet, atau bisa juga tanya ke rekan anda yang telah memahami investasi secara detail. Fungsi dari mempelajari hal tersebut supaya anda dapat memahami secara keseluruhan dan siap menghadapi kemungkinan terburuk yang dapat terjadi dari investasi yang anda lakukan.

Menentukan target yang ingin anda capai

Dengan menentukan target yang ingin dicapai dari investasi yang anda jalankan, maka anda dapat menentukan arah dan tujuan ketika berinvestasi sehingga investasi anda akan semakin terarah.

Stabilitas

Setelah mengetahui resiko yang timbul dari tiap-tiap jenis investasi, anda dapat menentukan sendiri apakah anda nyaman dengan fluktuasi pasar yang tajam atau lebih suka dengan keuntungan yang sedang namun stabil, dari hal ini anda dapat menilai diri anda sendiri apakah anda termasuk orang yang konservatif, moderat atau agresif dalam berinvestasi.  

Mencatat jumah pengeluaran

Dengan mencatat jumlah pengeluaran rutin setiap bulan, maka anda dapat menilai kemampuan finansial anda apakah cukup untuk berinvestasi. Karena jika dana anda tidak cukup akan ada kemungkinan resiko tersendatnya investasi anda di tengah jalan dan nantinya hal ini akan sangat merugikan anda.

Diversikasi investasi

Orang-orang yang suka berinvestasi selalu memegang prinsip yang ada sejak lama yaitu anda tidak boleh menaruh telur dalam satu wadah, karena jika wadah itu jatuh maka semua telur akan hancur. Begitu juga dengan investasi, jangan anda berinvestasi pada satu produk saja tapi sebarlah ke berbagai produk investasi dengan berbagai tingkat resiko, dimana saat satu produk investasi turun maka anda akan memiliki berbagai produk investasi lainnya yang menguntungkan dan anda akan mendapatkan hasil yang optimal.  

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.