Fintech : Definisi, manfaat dan jenisnya

Jul 06, 2020
Photo by bruce mars / Unsplash

Jaman dahulu jika kita ingin melakukan kredit ataupun berinvestasi kita biasanya datang ke bank, multifinance, koperasi, dan lain-lain. Namun kini sejalan dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat terciptalah inovasi baru untuk melakukan kredit maupun berinvestasi, yaitu fintech.

Fintech merupakan kepanjangan dari financial technology, yang berarti telah terjadi suatu inovasi teknologi baru dalam bidang jasa keuangan. Fintech ini memiliki tujuan untuk membantu untuk memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mengubah, mempertajam atau mempercepat berbagai aspek terutama bidang financial. Jadi, mulai dari metode pembayaran, transfer dana, pengumpulan dana, pinjaman hingga pengelolaan aset bisa kemudian dipercepat dan dipersingkat dengan menggunakan teknologi. Segmen yang dijangkau dari inovasi fintech saat ini sangat luas.

Manfaat dari fintech :

Mendukung inklusi keuangan

Inklusi keuangan adalah suatu kondisi dimana masyarakat Indonesia dapat mengakses layanan keuangan formal. Berdasarkan data dari OJK masih banyak sekali umkm di Indonesia terutama di daerah-daerah diluar pulau jawa yang belum dapat merasakan layanan keuangan formal seperti fasilitas pemberian kredit dari institusi keuangan konservatif seperti bank dan multifinance. Kebutuhan akan kredit bagi umkm-umkm yang belum tersalurkan sekitar Rp 980 trilyun per tahun. Diharapkan dengan adanya fintech dapat memberikan penyaluran kredit untuk umkm di seluruh Indonesia.

Meningkatkan perekonomian Indonesia

Dengan  terpenuhinya penyaluran kredit bagi umkm yang belum tersentuh oleh institusi keuangan bank dan multifinance, maka akan dapat meningkatkan produksi dari umkm dan penyerapan tenaga kerja semakin meningkat. Dengan peningkatan produksi diharapkan terjadi peningkatan mutu sehingga produksi untuk ekspor semakin banyak. Semua peningkatan ini akan membuat perekonomian Indonesia semakin maju.

Meningkatkan taraf hidup

Seperti yang sudah dijelaskan diatas dengan penyaluran kredit secara merata akan dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan produksi serta kualitasnya. peningkatan produksi ini akan meningkatkan taraf hidup rakyat indonesia.

Memudahkan layanan finansial

Layanan finansial akan semakin mudah baik untuk perorangan maupun bagi umkm. Karena untuk melakukan proses tersebut tidak diperlukan datang ke kantor yang membutuhkan banyak waktu, cukup dengan menggunakan smartphone dapat melakukan transaksi dimana saja

Untuk jenis dari fintech ini terdapat bermacam-macam :

  1. Peer to  peer lending ( market place yang mempertemukan orang-orang yang membutuhkan kredit dengan yang memberikan kredit).
  2. Manajemen resiko dan investasi ( dengan fintech ini anda akan dibantu untuk memantau keuangan dan melakukan perencanaan keuangan dengan mudah dan dilakukan secara digital, cukup dengan menggunakan smartphone ).
  3. Payment, clearing dan setllement ( fintech ini memudahkan anda dalam melakukan pembayaran dengan cepat dan aman ).
  4. Market aggregator ( fintech yang membantu anda dalam menentukan pilihan suatu produk keuangan, mereka mengumpulkan dan memberikan data sehingga anda dapat membandingkan antara satu produk produk keuangan dengan produk keuangan lannya ).
Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.