Investasi: Ciri Investasi Bodong dan Tips Menghindarinya

Tips May 18, 2020

Pada hakikatnya tujuan masyarakat dalam berinvestasi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Namun saat ini banyak sekali penipuan berkedok investasi, di masyarakat hal ini sering dinamakan investasi bodong. Kita jangan mudah percaya akan janji para investor bodong dimana mereka akan memberikan keuntungan yang sangat fantastis kepada kita. Para penyelenggara investasi bodong sengaja memberikan janji keuntungan yang sangat besar agar masyarakat tergiur dan akhirnya mudah untuk ditipu. Oleh sebab itu ada baiknya kita kenali dahulu beberapa ciri-ciri investasi bodong agar kita tidak tertipu dalam berinvestasi.

Ketua umum satuan tugas (satgas) waspada investasi ilegal, Tongam Lumban Tobing, menyatakan bahwa ada banyak ciri-ciri investasi bodong, salah satunya menjanjikan keuntungan yang sangat besar, misalnya investasi forex emas 7 hari dapat untung 30 persen, mana ada investasi yang begitu

Berikut adalah beberapa ciri-ciri Investasi Bodong:

Memaksa untuk bergabung

Penekanan utama pada perekrutan dengan mendesak calon nasabah untuk segera bergabung. Dalam kesehariannya para investor bodong sering mendesak calon nasabahnya untuk bergabung dengan segera mungkin. Memberikan jangka waktu seakan-akan waktu investasi akan segera habis atau hadiah yang diberikan akan hilang. Dilain hal pola yang sering muncul dan patut dicurigai ketika sebuah investasi sangat bergantung untuk mencari anggota baru, atau ketika Anda diminta terus menerus menambah nilai investasi atau menarik anggota baru untuk mendapatkan keuntungan besar. Investasi ini besar kemungkinan mempraktekan modus penipuan berskema ponzi.

Perekrutan anggotanya dilakukan secara masif

Jika ada perusahaan investasi tampak jumlah anggota yang sangat banyak dalam waktu beberapa minggu dari waktu mereka mendirikan perusahaan, maka perlu diwaspadai saat Anda akan berinvestasi di perusahaan tersebut, karena dapat diindikasikan perusahaan tersebut adalah perusahaan investasi bodong. Banyaknya anggota yang berada di perusahaan tersebut dikarenakan kegiatan para anggotanya hanya menjaring anggota baru tidak ada kegiatan operasional lain.    

Informasi perusahaan yang dibatasi

Ciri khas lain dari perusahaan investasi bodong, jika Anda bertanya mengenai model usaha, cara perusahaan mendapatkan keuntungan hingga kemana aset Anda dialokasikan, mereka akan memberikan jawaban yang berbelit-belit bahkan membuat Anda bingung hingga kadang mereka menghindari pertanyaan tersebut, maka HATI-HATI!

Legalitas perusahaan yang tidak jelas

Jika ada perusahaan investasi dalam menjalankan usahanya tidak memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maka patut dipertanyakan legalitasnya. Sebelum Anda melakukan investasi pada suatu perusahaan sebaiknya anda membuka link "https://www.ojk.go.id/waspada-investasi/id/default.aspx", disana anda dapat melihat perusahaan-perusahaan investasi yang sudah mengantongi izin operasional dari OJK selain itu juga terdapat berita terbaru tentang investasi. Jika Anda ragu akan legalitas suatu perusahaan investasi, silahkan bertanya melalui email www.waspadainvestasi@ojk.go.id  

Tingkat pengembalian tinggi dengan risiko rendah

Setiap investasi pasti memiliki risiko dengan tingkat yang berbeda-beda. Perlu dipahami  investasi yang memberikan tingkat pengembalian yang tinggi biasanya akan memiliki risiko yang tinggi pula. Maka perlu di waspadai jika ada yang menawarkan investasi dengan risiko rendah tapi memberikan tingkat pengembalian yang tinggi. Anda juga patut curiga jika suatu investasi menawarkan pengembalian tinggi dengan nilai pengembalian dan jangka waktu yang pasti, terlebih dengan iming-iming "pasti untung" atau "dijamin untung". Karena dalam investasi, keuntungan sejatinya masih berupa prospek atau ekspektasi (expected return), bukan sebuah kepastian. Penyedia produk investasi juga dilarang memberikan janji kepastian keuntungan pada investor.

Beberapa tips yang harus dilakukan agar terhindar dari jerat Investasi Bodong:

Cek legalitas perusahaan tersebut dengan mencarinya di website Otoritas Jasa Keuangan

Sebelum berinvestasi sebaiknya Anda membuka link resmi OJK seperti "https://www.ojk.go.id/waspada-investasi/id/Default.aspx"  untuk mencari tahu apakah perusahaan investasi tersebut sudah mengantongi izin terdaftar dan dibawah pengawasan OJK atau tidak. Jika perusahaan tersebut tidak terdaftar di OJK sebaiknya anda tidak berinvestasi di perusahaan tersebut. Dan di link ini banyak sekali informasi-informasi terbaru dari OJK tentang investasi. Anda bisa konfirmasi kredibilitas perusahaan yang menjalankan investasi tersebut dengan menghubungi call center OJK di 1500655 atau email ke waspadainvestasi@ojk.go.id.

Lakukan riset akan sistem investasinya, pengalokasian dana dan keuntungan yang akan didapat

Melakukan riset pada perusahaan investasi sebelum Anda berinvestasi sangat dianjurkan. Anda menjadi tahu dengan jelas sistem investasinya seperti apa, kemana pengalokasian dana yang anda investasikan oleh perusahaan tersebut apakah ditempatkan pada instrumen investasi yang jelas atau tidak. Dan besaran proyeksi keuntungan yang anda terima, jika ada perusahaan investasi yang menawarkan keuntungan 10% per bulan dari hasil investasi Anda maka patut dicurigai investasi tersebut adalah investasi bodong.

Selalu ingat setiap investasi pasti memiliki risiko. Semakin besar tingkat pengembalian semakin tinggi pula tingkat risikonya

Di dalam investasi ada suatu ketentuan yang berlaku yaitu "high risk - high return, low risk - low return". Jika ada perusahaan investasi yang mengiming-imingi Anda dengan kepastian akan memberikan tingkat pengembalian yang tinggi dengan risiko yang rendah bahkan tanpa risiko maka dapat dipastikan itu investasi bodong, sebaiknya Anda tidak berinvestasi di perusahaan tersebut. Perusahaan-perusahaan investasi bodong sering melakukan hal tersebut dikarenakan banyak nya calon nasabah yang dengan mudah dibohongi dengan di iming-imingi tingkat pengembalian yang tinggi.

Jika belum memiki kemampuan berinvestasi sebaiknya banyak bertanya dengan orang yang lebih mengerti

Perusahaan investasi bodong banyak mengincar orang-orang yang belum mengerti investasi tapi ingin melakukan investasi, bagi mereka orang-orang tersebut merupakan target bagi mereka karena gampang dibohongi. Jika Anda belum mengerti investasi maka disarankan untuk banyak bertanya dengan orang yang lebih mengerti sebelum Anda melakukan investasi. Hal ini untuk mencegah Anda supaya tidak terjerat pada investasi bodong, semakin anda banyak bertanya maka semakin menambah wawasan akan investasi.

Orange sunset celebration
Photo by Levi Guzman / Unsplash

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.