Teknologi: Bisnis pada dunia yang terus berubah

Insight May 18, 2020


Mungkin saat ini masih sulit untuk melihat setiap perubahan dan merangkumnya sebagai suatu revolusi industri. Tetap sesungguhnya kami saat ini sedang mengalami revolusi yang sangat besar, yaitu revolusi industri 4.0 , bahkan lebih besar dari revolusi industri sebelumnya. Internet dan kebangkitan teknologi telah mengubah cara kita hidup - bagaimana kita berbicara, bagaimana kita bekerja, bagaimana kita menjalankan bisnis kita sehari-hari, dan, ya, bagaimana kita mengelola keuangan kita pada tingkat global dan individu. Mungkin saja dalam lima puluh tahun, begitu manusia memiliki perspektif tentang perubahan yang terjadi, kita akan melihat hari-hari ini sebagai awal dari perubahan besar. Tetapi bagaimana tepatnya teknologi mengubah dunia keuangan? Mari kita lihat poin-poin berikut:

Perbankan Terdesentralisasi

Secara historis, bank dan lembaga keuangan lainnya bertanggung jawab atas uang tersebut, dan siapa pun yang bertanggung jawab atas uang, umumnya mengendalikan dunia. Itu mulai berubah sekarang. Ada banyak hype tentang blockchain - lebih banyak hype daripada aksi - tetapi kenyataannya adalah bahwa ada setiap kesempatan bahwa, mungkin setelah melewat hype, keruwetan dan menjadi lebih sederhana untuk dipahami dan dipraktekan, kita akan melihat perubahan dramatis di seluruh dunia. Sifat desentralisasi dari blockchain akan berarti lebih mudah bagi individu untuk saling mengirim uang dan membeli rumah, melewati bank sama sekali. Tabungan individu juga akan lebih aman, terutama di negara-negara di mana korupsi atau inflasi merupakan masalah utama.

Photo by Christina @ wocintechchat.com / Unsplash

Perdagangan dan Investasi

Itu selalu berisiko ketika Anda menempatkan uang Anda pada telepon gengam dan berinvestasi. Tetapi risiko itu menjadi lebih mudah dikelola, berkat teknologi. Perangkat lunak perdagangan otomatis memudahkan memantau investasi, mengembangkan strategi, dan memanfaatkan perdagangan algoritmik. Untuk perusahaan dan perorangan, pesatnya perkembangan teknologi tertentu telah membuat perdagangan dan investasi lebih maju, dan lebih spesifik. Ini juga membuka industri yang secara tradisional ditutup untuk siapa pun yang memiliki koneksi internet dan kemauan untuk belajar.

Penipuan Perbankan

Selama ada bank, atau, dalam hal ini, uang, ada orang yang telah mencoba menipu orang-orang. Teknologi tidak menghentikan ini - itu hanya membuatnya lebih maju. Cybercrime sedang naik daun, tetapi ini adalah perlombaan antara bank dan calon penjahat. Perusahaan kecil mendapat manfaat dari kemajuan teknologi: sementara mereka lebih cenderung menjadi sasaran, mereka juga berada dalam posisi yang lebih kuat untuk menjaga keamanan data sensitif mereka.

Pinjaman Pribadi

Seperti yang kami katakan sebelumnya, bank dulu memiliki semua kekuatan. Jika seseorang menginginkan pinjaman atau hipotek, mereka harus meyakinkan bank bahwa mereka layak meminjamkan uang. Berkat internet, ini tidak lagi menjadi masalah: orang memiliki lebih banyak pilihan dalam hal bagaimana mereka mendapatkan uang mereka. Pinjaman P2P, misalnya, telah memotong perantara, dan menghubungkan pemberi pinjaman swasta dengan individu, dengan harga yang menguntungkan keduanya.

Kesetaraan yang Lebih Besar

Kita masih dalam tahap awal internet, kurang lebih, dan bagaimana pengaruhnya terhadap dunia keuangan dalam jangka panjang masih bisa diperdebatkan. Apa pun bentuknya, sepertinya itu akan memberikan kesetaraan yang lebih besar di seluruh dunia, karena memungkinkan orang yang sebelumnya terputus untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang uang mereka, tanpa perantara.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.