Apa Dan Bagaimana Menjalani New Normal

Jun 01, 2020
Photo by Francesco Gallarotti / Unsplash

Pandemi corona di Indonesia telah memakan waktu lebih dari  3 (tiga) bulan. Selama itu pula pemerintah melakukan pengawasan secara ketat kepada masyarakat dengan mengeluarkan kebijakan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) untuk membatasi kegiatan-kegiatan sosial, belajar dari rumah, beribadah di rumah, dan bekerja dari rumah. Hal tersebut diminta oleh pemerintah untuk dilakukan semata-mata agar terputusnya rantai penyebaran virus covid 19, jika tidak dilakukan dengan ketat maka akan dapat mempercepat penyebaran penyakit corona tersebut.

Saat ini pemerintah berencana untuk melonggarkan pembatasan sosial tersebut agar masyarakat dapat lebih produktif. Pemerintah menyadari dengan adanya pandemi corona ini membuat perekonomian hampir tidak bergerak, banyak terjadi pemutusan hubungan kerja, pengangguran bertambah, dan tingkat kemiskinan bergerak meningkat. Cara yang ditempuh pemerintah dalam menanggulangi permasalahan ini adalah dengan memasuki tata cara hidup baru atau new normal.

New normal adalah kembali berkegiatan normal dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Penanganan new normal oleh pemerintah ini berbeda dengan penangan sebelumnya, dan pelaksanaannya akan ditangani dengan pengawasan yang ketat. Dalam menjalani tata cara hidup baru ini dibutuhkan komitmen yang kuat dari masyarakat sehingga akan memunculkan kesadaran dan kedisiplinan yang kuat pula. Pola hidup yang dijalankan dalam new normal adalah :

Menjaga kebersihan

Kebersihan lingkungan dan kebersihan diri sangat perlu diperhatikan. Jika sebelumnya kita jarang melakukan cuci tangan maka saat pandemi ini sangat disarankan untuk sering mencuci tangan dengan sabun agar virus tidak menempel pada kita sehingga dapat memutus atau mengurangi rantai penyebaran corona. Selain itu kita juga harus menjaga jarak dengan orang lain, jadi jangan terlalu dekat saat  kita duduk atau berdiri di suatu ruangan.

Selalu memakai masker

Merupakan suatu kewajiban bagi masyarakat untuk menggunakan masker saat mereka berada diluar runah. Penggunaan masker ini sangat efektif sekali sehingga hal ini wajib untuk dilakukan oleh masyarakat.

Menjaga kesehatan

Jika sistem kekebalan ditubuh kita kuat maka semakin bagus bagi kita dalam menghadapi penyebaran virus covid 19 ini. Dengan rajin berolahraga, cukup istirahat, menjaga pola makan anda, minum vitamin dan lakukan menjemur badan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi transasksi secara offline

Selama masa PSBB (pembatasan sosial berskala besar) masyarakat diminta untuk melakukan kegiatan dari rumah, salah satunya yaitu berbelanja secara online. Dengan berbelanja online kita menggunakan transaksi digital sehingga akan mengurangi kemungkinan kita untuk tertular virus covid 19 karena kita tidak bertemu dengan banyak orang dan juga mengurangi bersentuhan dengan fisik uang dimana didalamnya terdapat bakteri yang memungkinkan menjadi media tempat virus berada.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.